Multimedia merupakan suatu
sarana komunikasi yang berupa gabungan dari text, gambar, animasi, video dan
audio. Contoh dari bentuk-bentuk multimedia ini sebagai berikut : video
komersial, advertisement, animasi flash, trailer video, dan banyak hal-hal
lainnya. Multimedia dimana pengguna/pemakai dapat berinteraksi dengan
komponen-komponen dalam multimedia tersebut dinamakan interactive multimedia,
Contoh : website, dst. Multimedia menggunakan komputer untuk menyajikan
gabungan text, gambar, video, dan audio.
- Interactive Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut
- Hypermedia : Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemen terhubung
- Multimedia Developer : Perancang suatu aplikasi multimedia
- Multimedia Project : Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh komputer atau televisi
- Multimedia Title : Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat.
- Interactive Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut
- Hypermedia : Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemen terhubung
- Multimedia Developer : Perancang suatu aplikasi multimedia
- Multimedia Project : Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh komputer atau televisi
- Multimedia Title : Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat.
Multimedia banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang seperti : Hiburan (animasi), Game (trailer game), Pendidikan (media pengajaran), Bisnis (presentasi, company profile), dan seterusnya.
a. Audio
merupakan fenomena fisik yang
dihasilkan getaran benda yg berupa sinyal analog dengan amplitudo yg berubah
secara kontinyu terhadap waktu. Komponen audio terdiri dari:
- Frekuensi : banyaknya periode dalam satuan detik, satuannya Hz atau cycles per second (cps)
- Amplitudo : tinggi rendahnya suara atau keras lemahnya suara, satuannya dB
- Velocity : kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar, satuannya m/s
Tipe format
audio:
- Uncompressed : Suara masih polos, tidak ada kompress, apa adanya. Contohnya di Windows WAV, pada umumnya ukuran file relatif besar
- Format with lossless compression : Ada kompresi untuk mengecilkan ukuran file, yaitu dengan pengurangan bit rate (spektrum). Contohnya Flac (biasanya digunakan untuk merekam suara)
- Format with lossy compression : Kompresi paling besar dilakukan, untuk mengurangi ukuran file, kompresi dilakukan untuk menghilangkan suara yang tidak berguna. Biasanya sizenya tidak terlalu besar. Contohnya mp3, aac, owg (linux), wma (windows)
Software: Winamp,
RealPlayer, Windows Media Player, QuickTime, JetAudio, iTunes dll
b. Video
merupakan teknologi untuk menangkap,
merekam, memproses, mentransmisikan ulang gambar bergerak. Komponen video
terdiri dari:
- Frames per second : merupakan jumlah frame per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka kualitas videonya akan lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan pada video, pergerakan yang terlihat.
- Aspek Ratio : merupakan perbandingan lebar dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan jarak pandang, setiap detail gambar ditampilkan dalam pixel
- Resolusi : jumlah pixel yang digunakan, semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan gambar yang lebih tajam
- Bit Depth : merupakan ukuran pixel untuk menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan, warna yang dihasilkan akan lebih tajam. (depth dalam bitmap)
- Bit Rate : suatu ukuran kecepatan bit suatu data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan Kbps dst. Semakin besar bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Dalam pembuatan
video menggunakan 2 teknik:
- Interlaced : metode untuk menampilkan gambar seperti pada televisi analog, yang ditampilkan secara bergantian antara garis ganjil dan genap secara tepat untuk setiap framenya. Refresh rate 50-80Hz.
- Progressive : metode untuk menampilkan, menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk tiap frame digambar secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor komputer, LCD TV dll.
Teknologi
Pertelevisian:
- PAL adalah enconding berwarna yg digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi fase. PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu detik (fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat. Format YUV.
- SECAM banyak digunakan di Prancis, Rusia dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz refresh rate dan 625 baris.
- NTSC membagi 25 baris per frame dan sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik (fps). 525 baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang dll. Menggunakan format YIQ.
- HDTV standar televisi baru dengan gambar lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek ratio 16:9. Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif).
Perbedaan
mendasar dari standar diatas adalah jumlah garis horizontal dalam gambar video,
frame ratenya, jumlah bandwith yang digunakan, apakah menggunakan sinyal AM
atau FM untuk audio videonya.
Beberapa format
video :
- MOV : dibuat oleh apple, bersifat lintas platform, digunakan transmisi data di internet, track audio, video, images, text terpisah.
- MPEG : file terkompresi lossy, pada umumnya beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan MPEG2 support progressive, MPEG2 digunakan untuk HDTV dan DVD
- DIVX : codec diciptakan oleh DivX Inc. File relatif kecil karena menggunakan MPEG4 part 2 compression.
- WMV : code milik Microsoft yang berbasis pada MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres. Dapat berekstensi wmv, avi, atau asf
Software:
QuickTime, Windows Media Player, DivXPro, RealOne Player, GOM Player, K-Lite
Codec Player, Power DVD dll
Komponen multimedia
berdasarkan arti multimedia, maka multimedia itu dapat berisi beberapa
komponen berikut:
- Text
Media text merupakan media yang paling
mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya.
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
- Plain Text
Plain Text merupakan jenis text yang paling
dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang
di-embed di dalamnya.
- Rich Format Text
Rich format text atau mungkin kita lebih
populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah
diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format
sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
- Hyper Text
Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson
pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:
- bersifat linking
dokumen satu mempunyai hubungan dengan
dokumen yang lain
- non linear
kita bisa berpindah-pindah dari halaman
satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua contoh hyper text yang sangat populer
saat ini:
- HTML
Hyper text markup language, kegunaannya:
- control tampilan web
- mendukung link
- mampu menambah object
- XML
extensible markup language, kegunaannya:
- sederhana dan terstruktur
- cepat dan portable
- mudah di-maintenance
2. Gambar (graphics)
Gambar
menjadi salah satu yang termasuk dalam multimedia karena manusia cenderung
lebih mudah menangkap maksud suatu informasi melalui gambar (penglihatan)
daripada menggunakan text (kata).
Ada
dua jenis warna pada gambar yaitu :
- RGB
Warna RGB adalah model warna additive yang
bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada
peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB
difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang
komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue
(biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk
mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).
- CMYK
Sedangkan CMYK adalah warna yang dikenal
dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y =
Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar
belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.
Ada
dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
- vector
Gambar
yang berbasis vector merupakan gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika
sebagai dasar untuk menampilkan gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point.
Dari beberapa point tersebut, diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat
diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis vector, ketika dizoom, gambar
tidak rusak, karena gambar hanya rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat
diubah-ubah.
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
- bitmap
Gambar
bitmap adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk
pixel (picture element) dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada
resolusi dan ketajaman warna.
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar
Daftar
pustaka :
http://chievan.blogspot.com/2010/04/konsep-dasar-multimedia.html
http://kk.mercubuana.ac.id/files/94008-1-724834303468.pdf
http://nandaram-work.blogspot.com/2012/09/konsep-dasar-multimedia-teks-citra.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar