Aplikasi
multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen- elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta
video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video
untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Perkembangan
bandwidth internet juga memberi dampak yang sangat baik bagi perkembangan
aplikasi multimedia, sehingga aplikasi ini mulai digabungkan sebagai fasilitas
penunjang dalam aplikasi berbasis web. Melalui aplikasi berbasis web, user
dapat berinteraksi dalam mengakses serta melengkapi content/isi dari web
tersebut. Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak)
dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan
unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang
digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3
dimensi membangkitkan sens rialistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia
sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan
perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil
digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia
perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi baru ini
mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output
berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan
menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai
pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Multimedia hampir bisa digunakan pada semua
bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat
pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan
setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan
komputer.
Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004,
p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
Aplikasi Multimedia Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari
manusia, yaitu dalam :
- Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
- Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama
ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
- Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang
menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
- Tempatumum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar